Tentang

Teknik Biomedis ITERA


Profil Prodi Teknik Biomedis ITERA

Program Studi Teknik Biomedis (PS BM) merupakan salah satu program studi di Institut Teknologi Sumatera (ITERA) yang resmi dibuka pada tahun 2019 dengan diterbitkannya SK Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 694/KPT/I/2019 tentang izin pembukaan Program Studi Teknik Biomedis program sarjana pada Institut Teknologi Sumatera. Pendirian PS BM akan mendukung visi dan misi ITERA dalam memenuhi ketersediaan sumber daya manusia di bidang Teknik Biomedis khususnya di wilayah Sumatera.

Program Studi Teknik Biomedis ITERA memiliki visi keilmuan untuk berkontribusi pada pengembangan sumber daya manusia serta inovasi teknologi biomedis yang unggul di tingkat nasional, regional, dan internasional dengan keunikan program studi yang meliputi bidang peminatan Instrumentasi dan Pengolahan Citra Biomedis serta peminatan Biomaterial dan Rekayasa Jaringan. Dari sisi sistem atau bahan yang menjadi fokus kajian, baik dalam kelas maupun tugas akhir, kajian akan berfokus pada sistem, perangkat, bahan, maupun kondisi infrastruktur fasilitas kesehatan di Pulau Sumatera. Inovasi di bidang teknik biomedis dengan memperhatikan potensi lokal sumber daya di wilayah Sumatera akan menjadi keunggulan dari Program Studi Teknik Biomedis ITERA. Oleh karena itu, lulusan program studi Teknik Biomedis ITERA diharapkan mampu mengisi kebutuhan sumber daya manusia di wilayah Sumatera serta mampu bersaing pada tingkat regional, nasional dan internasional.

visi & misi

Visi Program Studi Teknik Biomedis ITERA

Menjadi program studi unggulan yang berperan aktif dalam pengembangan sumber daya manusia yang kompeten di wilayah Sumatera pada bidang perancangan, inovasi, serta penerapan teknologi kesehatan secara berkelanjutan.

Misi 1

Menyelenggarakan sistem pendidikan yang menghasilkan SDM/lulusan yang mampu merancang, berinovasi, serta menerapkan teknologi kesehatan secara berkelanjutan.

Misi 2

Menyelenggarakan dan mendukung kegiatan penelitian di bidang teknik biomedis.

Misi 3

Melakukan kerjasama dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama di bidang teknik biomedis.

Prospek Lulusan

Berdasarkan tujuan program studi teknik biomedis, lulusan akan
memiliki kemampuan untuk berkarir sebagai:

  1. Perancang/Pengembang Alat dan Teknologi Kesehatan.
  2. Pengelola Alat dan Teknologi Kesehatan di Rumah Sakit/Industri.
  3. Peneliti Material Alat dan Teknologi Kesehatan.
  4. Akademisi di Bidang Teknik Biomedis.
  5. Pebisnis Alat dan Teknologi Kesehatan.

Kerjasama Dengan