Teknik Biomedik merupakan bidang keilmuan multidisiplin dari berbagai ilmu keteknikan dan ilmu sains seperti biologi, kimia, fisika, dan matematika serta ilmu kedokteran untuk diterapkan dalam teknologi biomedik. Seiring berkembangnya zaman dan pola kehidupan manusia, perubahan dalam mekanisme kehidupan dapat menyebabkan munculnya berbagai penyakit yang kompleks. Teknik Biomedik berperan dalam mengupayakan peningkatan pelayanan dunia kesehatan, contohnya dalam hal deteksi dini, diagnosa, terapi, rehabilitasi dan penyembuhan berbagai penyakit. Dengan peran tersebut, maka Program Studi Teknik Biomedik berbeda dengan Program Studi Keteknikan yang lain, namun masih memiliki akar keilmuan yang sama dan bidang keilmuan yang beririsan. Lebih dari itu Teknik Biomedik ITERA juga harus memiliki ciri yang berbeda dengan prodi teknik biomedik lainnya di Indonesia dengan lebih menekankan pada peningkatan kualitas hidup manusia, bukan hanya peningkatan layanan kesehatan, dengan memanfaatkan biodiversitas yang ada di negara Indonesia, dan terutama di wilayah Sumatera.

Program Studi Teknik Biomedik ITERA memiliki visi keilmuan untuk berkontribusi pada pengembangan sumber daya manusia yang unggul, berkarakter, kompeten, dan profesional dalam melakukan inovasi teknologi biomedik di tingkat nasional, regional, dan internasional dengan keunikan program studi yang meliputi bidang peminatan sistem perangkat biomedis serta peminatan rekayasa sel, jaringan, dan organ. Dari sisi sistem atau bahan yang menjadi fokus kajian, baik dalam kelas maupun tugas akhir, kajian akan berfokus pada sistem, perangkat, bahan, maupun kondisi infrastruktur fasilitas kesehatan di wilayah Sumatera.

Lulusan program studi Teknik Biomedik ITERA diharapkan dapat memahami bagaimana pengolahan sumber daya lokal yang tersedia di wilayah Sumatera menjadi barang yang lebih berguna terutama di bidang Teknik Biomedik, baik berupa barang jadi ataupun barang setengah jadi yang bernilai ekonomi. Dan juga pengembangan sistem perangkat biomedik sesuai kebutuhan masyarakat. Salah satu contoh penerapan kearifan lokal dalam mata kuliah Program Studi Teknik Biomedik ITERA terdapat pada mata kuliah biomaterial. Bahan yang akan dikaji dalam mata kuliah ini akan didasarkan pada hasil pengamatan potensi wilayah Sumatera, misalnya karet yang merupakan salah satu hasil perkebunan terbesar di wilayah Sumatera. Pemanfaatan karet dalam bidang teknik biomedik diantaranya sebagai material biomedis untuk soft robotics, kulit buatan, membran, atau organ buatan.

Inovasi di bidang teknik biomedik dengan memperhatikan potensi lokal sumber daya di wilayah Sumatera akan menjadi keunggulan dari Program Studi Teknik Biomedik ITERA. Oleh karena itu, lulusan program studi Teknik Biomedik ITERA diharapkan mampu mengisi kebutuhan sumber daya manusia di wilayah Sumatera serta mampu bersaing pada tingkat nasional, regional, dan internasional.

Close Menu