Diskusi Pengelolaan Prodi BM

Pada hari Jum’at, 25 Oktober telah dilaksanakan diskusi tentang kurikulum, pengelolaan perkuliahan dan praktikum, serta terkait kerja sama bersama Prof. Dr. Azhar Zam (Biomedical Laser and Optics Group (BLOG), Department of Biomedical Engineering, University of Basel, Switzerland) bertempat di Gedung Kuliah Umum, ITERA.

Pada diskusi ini terdapat beberapa masukan untuk prodi BM, antara lain: Kurikulum yang disusun sudah cukup baik dan memperhitungkan keahlian dosen yang ada di prodi. Peminatan dalam suatu prodi juga harus memperhitungkan ketersediaan/aplikasi teknologi yang ada di Indonesia. Hal ini juga yang akan berpengaruh terhadap keahlian lulusan yang diperlukan di dunia kerja. Beberapa program studi Teknik Biomedis di kampus lain sudah mulai melakukan penjurusan sebelum tahun ke-4. Penting bagi program studi Teknik Biomedis untuk memiliki jaringan ataukerjasama dengan rumah sakit. Kerjasama ini akan banyak bermanfaat bagi prodi, terutama ketika melakukan penelitian yang bersifat klinis. Kerjasama ini bisa dimulai dengan menawarkan kepada dokter untuk menjadi dosen NIDK, untuk mengajar mata kuliah tertentu.

Suasana diskusi bersama Prof. Dr. Azhar Zam

Terkait potensi kerjasama yang bisa dilakukan ITERA dan Univ. Basel adalah pengiriman mahasiswa untuk melakukan magang/internship/kerja praktek. Kerjasama serupa juga telah dilakukan oleh Univ. Basel dengan prodi Teknik Biomedis dari kampus lain di Indonesia. Selain itu potensi kerjasama penelitian bagi dosen juga bisa dilakukan di Univ. Basel dengan menindaklanjuti persetujuan MoU antara ITERA dan Univ. Basel secara desk-to-desk.

Close Menu